Character Building

Kreativitas adalah Hal Penting dalam Bekerja, Ini Alasannya

“Kok bisa sih dia punya ide keren kaya begitu?” Pernah punya pikiran seperti ini saat mendengar presentasi ide dari teman kerja? Atau justru merasa minder karena kesulitan menyampaikan ide saat meeting? Tenang saja, banyak orang yang mengalami hal ini. Tapi, kalau kamu ingin memiliki kemampuan tersebut, kreativitas adalah kuncinya. Dan saat ini, kamu membaca artikel yang tepat!

Kemampuan menyampaikan gagasan dan memberikan ide segar datang dari kreativitas. Hanya saja, banyak orang yang menganggap kalau kreativitas adalah sebuah bakat yang dimiliki dari lahir. Sehingga, orang yang terlahir tidak kreatif, tidak akan bisa menjadi kreatif.

Lalu, bagaimana cara menjadi kreatif?

Apa Itu Berpikir Kreatif

Sebelum mengetahui cara menjadi kreatif, kamu harus mengenal apa itu berpikir kreatif terlebih dahulu. Bisa dibilang, berpikir kreatif adalah kunci untuk menjadi orang yang kreatif. Saat kamu memahami cara berpikir kreatif, ide segar dan kreativitas adalah hal yang sangat mungkin dimiliki.

Secara sederhana, berpikir kreatif adalah kemampuan memikirkan suatu hal secara out of the box. Seorang pemikir kreatif mampu melihat pola yang tidak terlihat banyak orang. Sehingga, ide yang dihasilkan terlihat segar, unik, dan di luar pakem umum.

Dalam praktiknya, orang yang kreatif dapat memberikan solusi yang menarik untuk masalah yang dihadapi tim hingga organisasi. Misalnya dengan menawarkan cara baru dalam mengerjakan tugas atau ide segar untuk mencapai target perusahaan. Secara tidak langsung, hal tersebut tentu saja akan mendorong produktivitas organisasi atau perusahaan.

Kreativitas adalah Hal Penting dalam Bekerja, Ini Alasannya

Banyak orang yang beranggapan kalau pekerjaan kantoran tidak membutuhkan kreativitas. Apalagi kalau pekerjaanmu tidak berkaitan dengan seni. Sayangnya, anggapan ini juga salah besar. Bahkan, kreativitas adalah kunci yang dapat melejitkan karier seseorang. 

Jadi, kalau kamu menginginkan pekerjaan yang lebih baik dan menjanjikan, tidak ada salahnya mempelajari cara berpikir kreatif. Setidaknya, ada 3 manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menguasai kemampuan berpikir kreatif, di antaranya:

1. Lebih menarik bagi pengusaha atau perusahaan

Source: Lukas for Pexels

Seorang pengusaha ataupun sebuah perusahaan pasti menginginkan kandidat yang potensial. Kreativitas adalah salah satu potensi yang cukup menjanjikan. Karena itu, jika kamu mampu melihat sesuatu secara kreatif, mencari kerja tidak akan terlalu menakutkan lagi.

2. Dapat meningkatkan pendapatan perusahaan

Kamu pasti cukup familiar dengan kalimat berikut ini:

“Kegilaan adalah melakukan hal yang sama berulang-ulang dan mengharapkan hasil yang berbeda.” (Albert Einstein)

Sebuah perusahaan tentu saja memiliki target pendapatan yang semakin tinggi dari waktu ke waktu. Dan sangat tidak mungkin untuk mencapai target tersebut jika hanya mengandalkan cara-cara lama saja. Karena itu, dibutuhkan kandidat yang kreatif untuk menghasilkan ide-ide segar terbaru.

3. Memiliki peluang promosi yang lebih besar

Kreativitas adalah kunci penting perkembangan perusahaan. Karena itu, karyawan yang terlihat kreatif akan terlihat lebih menarik bagi perusahaan. Jika kamu mampu menghadirkan personal branding yang tepat, bukan mustahil kamu akan lebih diutamakan untuk mendapat promosi.

Setelah memahami pentingnya berpikir kreatif, pasti kamu ingin tau dong bagaimana sih tips berpikir kreatif yang bisa kamu coba. Akan kita bahas di artikel selanjutnya ya!

Baca Juga: Berpikir Kreatif adalah Penunjang Produktivitas, Simak 7 Tips Ini

Runa Aviena

Runa is a Freelance Content Writer at Paradigm. Also, Runa is a housewife with bipolar disorder. She loves to write and see the world from different perspective. Tell her your story, she won't judge you!

Recent Posts

Pelatihan Komunikasi Efektif: Meningkatkan Produktivitas dan Kualitas Hubungan dengan Pelanggan

Sebagai pekerja di suatu perusahaan, kita diharuskan untuk bisa bekerja baik secara individual maupun berkelompok,…

4 minggu ago

Menguasai Seni Penjualan: Membuka Kesuksesan dengan Sales Training Program

‘Penjualan adalah seni!’ Sebagian mengatakannya seperti itu. Memang dimana letak seninya? Kemampuan dasar dari menjual…

2 bulan ago

Mastering the Language of Success: How an English for Business Course Can Enhance Your Career

While attending a conference in downtown Jakarta recently, I had the opportunity to meet and…

2 bulan ago

Dari Baik Menjadi Unggul: Bagaimana Pelatihan Service Excellence Meningkatkan Kinerja Perusahaan

Pelanggan merupakan salah satu aset penting dalam suatu usaha, baik yang bergerak dibidang produksi barang…

2 bulan ago

Tingkatkan Kualitas Pemimpin, Pakuwon Jati Adakan Excellent Leadership Training

Setelah sukses menyelenggarakan Sales Training dalam rangka menghadapi event Expo Pakuwon, training untuk Pakuwon Jati…

6 bulan ago

Persiapan Expo, Pakuwon Jati Gaet PARADIGM adakan Sales Training

Dalam rangka memperkuat kemampuan tim sales, Pakuwon Jati menggaet PARADIGM sebagai vendor pelatihan untuk menyelenggarakan…

6 bulan ago