Excellent Service atau pelayanan prima merupakan hal yang wajib dilakukan untuk membuat pelanggan menjadi lebih loyal. Sebab biaya yang Anda keluarkan untuk mendapatkan pelanggan baru bisa mencapai 5 kali lipat dibandingkan dengan mempertahankan pelanggan yang ada saat ini. Namun, pelanggan tidak selalu setia oleh alam dan penelitian menunjukkan bahwa pengaruh emosi terhadap pembelian adalah enam kali lebih banyak dibandingkan pengambilan keputusan dengan logika. Oleh karena itu, pelaku bisnis perlu mengetahui 16 teknik pelayanan prima pada pelanggan.
Pelayanan ramah, pelayanan tanggap dan pelayanan cepat serta menjalin hubungan yang hangat ke pelanggan Anda adalah kunci untuk membangun awal yang baik dengan produk dan brand Anda. Yang paling penting, bagaimana Anda mampu memberikan kesan/pengalaman lebih dari yang customer Anda bayangkan. Sehingga pengalaman yang dirasakan oleh customer Anda adalah pengalaman unik dan personal yang sangat susah untuk dilupakan.
Teknik-teknik Pelayanan Prima
Pelayanan prima adalah attitude di setiap departemen, dimulai dan diakhiri dengan orang-orang Anda, dari customer service, kasir hingga CEO. Hal ini membutuhkan lebih dari satu departemen layanan pelanggan yang efisien atau jargon di dinding ruang makan.
Berikut ini contoh penerapan teknik-teknik pelayanan prima (service excellence):
- Selalu fokus pada layanan sebelum hal lain
- Memberikan pengalaman sebaik mungkin ke pelanggan
- Menciptakan pengalaman pelanggan yang unik dan personal
- Gunakan pelanggan sebagai alat pemasaran
- Selalu ingat bahwa Anda menjual “wow”
- Selalu memperbaiki layanan Anda
- Selalu menghormati pelanggan Anda (waktu dan opini)
- Mengukur kepuasan dan keterlibatan mereka
- Tahu basis pelanggan Anda (segmentasi)
- Mengintegrasikan proses operasi Anda ke dalam strategi pemasaran pelanggan Anda
- Memahami bahwa kepuasan pelanggan didasarkan pada loyalitas, identitas, values, dan relationships
- Interaksi khusus membuat pelanggan datang kembali
- Agen layanan pelanggan harus memiliki kewenangan untuk membuat keputusan
- Mendengarkan pelanggan Anda; mengubah sikap mereka, dan memperbaiki masalah mereka
- Mengukur hubungan Anda dengan customer, dan memperbaiki proses Anda, dan secara proaktif memecahkan dan mencegah kesalahan yang sama terjadi lagi (perbaikan terus-menerus)
- Selalu mengupayakan memberikan pelayanan ramah, pelayanan tanggap dan pelayanan cepat kepada pelanggan.Baca Juga : 7 Tipe Pelanggan dan Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
Referensi:
https://www.jagoanhosting.com/blog/16-jurus-terjitu-memberikan-excellent-service-pada-pelanggan/
https://www.pexels.com/photo/blur-breakfast-chef-cooking-262978/